Cara memilih Kamera Digital berkualitas

Cara memilih Kamera Digital berkualitas

Cara memilih kamera digital berkualitas ini saya sarikan dari berbagai sumber di internet untuk Anda yang sedang mencari kamera digital atau para pe-hobby fotografi pemula. Banyak kesalahan yang dilakukan dalam menentukan gadget-gadget yang sesuai seperti Mp3 player berkualitas atau kamera digital berkualitas. Khusus untuk kamera digital, biasanya kita terpesona dengan merk, besar megapixel dan harga. Padahal ketiganya adalah bukan ukuran mutlak sebuah kamera digital berkualitas atau tidak. Menurut saya cara memilih kamera digital berkualitas adalah sebagai berikut.

1. Menentukan apa yang Anda perlukan:
Sebuah kesalahan besar yang banyak orang menghabiskan banyak waktu dalam kamera digital adalah untuk membeli sesuatu diluar yang mereka butuhkan. Untuk Anda yang membuat pilihan bijak lebih mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

* Anda harus memiliki kamera?
* Jenis foto bagaiman yang ingin Anda lakukan? (foto keluarga, potret, lanskap, makro, olahraga)
* Anda ingin menggunakan kamera digital saat berada dalam mode otomatis atau ingin benar-benar belajar seni fotografi?
* Bagaimana tingkat pengetahuan dan pengalaman Anda dengan kamera digital?
* Apa saja fitur digital yang Anda cari? (besar zoom, stabilisator gambar, LCD besar, kemudahan penggunaan, harga)
* Apa yang Anda fikirkan tentang ukuran kamera (mudah dibawa-nya)?

Dalam menentukan atau cara memilih kamera digital berkualitas, biasanya orang tidak memperdulikan apa sebenarnya kebutuhan dan kemampuan dia.

2. Jumlah Megapixels bukanlah segalanya.
Fitur paling dibahas dan digunakan untuk menjual kamera digital dan jumlah megapixels.
Kita tahu harga kamera DSLR 6,1 mp adalah 4 kali harga kamera digital biasa yang 10 mp. Padahal kita sering mendengar orang bertanya : berapa megapixel kamera kamu? Atau cuman segitu pixel kamera-nya? Pada kenyataannya makin banyak pixel, juga bisa merusak hasil gambar. Memiliki kamera hanya dua pixel sudah cukup untuk dicetak dalam foto standar 6×4 inci secara sempurna. Ini sama dengan resolusi Full HD TV. Lima hingga enam megapixel lebih dari cukup untuk segala kebutuhan. Bahkan untuk pencetakan sebesar poster tetap kelihatan bagus di resolusi ini. Jika Anda mencetak foto dalam ukuran normal (10×15, 14X21) dari kamera 4 megapixels sudah ebih dari cukup.

3. Pertimbangkan aksesoris “tambahan”
Ingat bahwa tergantung pada bagaimana Anda akan menggunakan kamera digital yang Anda miliki / harus membeli beberapa tambahan seperti:

* Tas, ransel
* Kartu memori
* Baterai dan / atau baterai yang dapat diisi buku
* Lensa (jika Anda membeli DSLR)
* Penyaring (dan aksesoris lainnya untuk lensa)
* Tripod atau monopod
* Flash

5. Kamera DSLR atau kamera digital biasa?
Kamera tipe DSLR merupakan kamera digital yang mempunyai prinsip kerja, sama dengan kamera SLR yang masih menggunakan film, yaitu dengan menggunakan sistem pantulan dari cermin. Perbedaan yang mendasar antara DSLR dan kamera digital biasa atau digicams terletak pada sensor yang meneruskan cahaya yang masuk melalui lensa

6. Ingat: Apa yang dianggap zoom optik.
Tidak semua “zooms” adalah sama. Bila Anda mencari kamera digital, anda akan mendengar dua hal: optical zoom dan digital zoom. Saya menyarankan Anda mempertimbangkan hanya zoom optik untuk mengambil keputusan untuk membeli. Digital zoom, yang kasar, hanya akan meningkatkan pixel dari gambar Anda dan meninggalkan lebih “pixelnoize” atau gangguan pada kualitas gambar.

7. Membaca artikel dan ulasan pada kamera
Sebelum membeli kamera digital, waktu untuk melakukan pencarian. Jangan hanya percaya pada penjual, mengingat banyak orang yang dibayar untuk beberapa merk desain kamera.
Membaca artikel, jurnal khusus fotografi, khusus situs dan forum, karena ada banyak tersebar di berbagai media informasi. Dengan demikian, anda akan mengerti benar bagaimana cara memilih kamera digital yang berkualitas menurut Anda.

8. Lakukan test drive.
Artinya anda harus yakin betul kamera digital yang akan anda beli adalah pas dengan pengetahuan anda serta nyaman sesuai skill anda. Percuma rasanya anda membeli kamera digital secanggih apapun, jika anda tidak nyaman dan kurang bisa menggunakannya. Yakinkan anda telah benar-benar memilih kamera digital pilihan Anda.

9. Lakukan negosiasi, minta diskon,dan beri sedikit “ancaman” untuk tidak membeli.
Kadang-kadang ini perlu dilakukan agar penjual benar-benar membeberkan semua rahasia dari kamera digital tersebut. Jika kita minta diskon, biasanya diberi, cuman sang penjual memberikan catatan, kalo untuk harga segitu, dapatnya harusnya yang kamera ini pak..artinya, dia akan membandingkan dengan produk lainnya. Kalau kita ancam tidak membeli, trik ini akan membuka peluang sang penjual untuk mempertimbangkan kembali harga tawarnya. Atau memberi fasilitas lainnya. Intinya, kita harus dapatkan yang terbaik, dan sesuai antara harga dan barang yang kita beli.

About witriyanto

wes pokok e aku baek hati dan tidak sombong. paling suka di ajak njagong..

Posted on Mei 11, 2010, in Gosip, Tips dan Trik and tagged . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Sy punya camera Canon EOS1000D untuk rental, sekarang autofocus untuk tele 75-300mm tidak berfungsi, sy servis ke pusatnya datascript dan udah diganti komponennya, tp koq masih juga ya atufocus untuk tele tidak berfungsi.
    Tp sy maklum juga sebab memang untuk disewakan. Buat yang mau sewa silahkan kunjungi website kami http://www.ceriamultimedia.com ada banyak pilihan kamera foto atau video.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: