Untuk 4G LTE: Modem Dulu, Baru Ponsel

Jakarta – Pengguna jaringan seluler generasi keempat (4G) di Indonesia dengan teknologi Long Term Evolution (LTE) nantinya akan lebih membutuhkan perangkat modem dibanding ponsel untuk mengakses data dan aplikasi besar lewat akses pita lebar nirkabel.

Demikian menurut Harry K Nugraha, Senior Director and Country Manager PT Qualcomm Indonesia, saat berbincang-bincang dengan sejumlah wartawan tentang adopsi teknologi LTE di Indonesia yang sudah di depan mata.

Ia memproyeksikan demikian, karena menurutnya, teknologi LTE yang mampu mengantarkan akses data lebih besar dengan pita frekuensi lebih lebar akan lebih banyak digunakan untuk aplikasi-aplkasi berat.

“Tentu saja, aplikasi berat ini akan lebih banyak digunakan untuk laptop dan netbook dibandingkan lewat ponsel. Itu sebabnya modem LTE lebih dibutuhkan,” ujarnya di Penang Bistro, Kebon sirih, Jakarta, Selasa (27/7/2010).

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan pasokan modem 4G, Qualcomm pun berencana merilis chipset LTE pada akhir 2010 nanti. Dengan demikian, menurut Harry, pada pertengahan 2011 modem LTE diperkirakan sudah banyak tersedia di pasaran.

“Umumnya, sejak kami meluncurkan chipset, vendor-vendor yang menggunakan chipset kami akan memasarkan produk seperti modem datacard 6-7 bulan setelahnya. Saya rasa begitu pula saat kami mengeluarkan chipset LTE akhir tahun nanti. Pertengahan tahun depan, modem LTE sudah tersedia,” jelas Harry.

Qualcomm sendiri memiliki tiga chipset yang mendukung teknologi LTE, yakni MDM9200, MDM 9600 dan MSM 8960. Ketiga chipset itu, kata Harry, telah dikembangkan sejak November 2009 lalu.

LTE yang rencananya siap diadopsi oleh sejumlah operator seluler seperti Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata, menggunakan standardisasi IEEE 802.20 untuk jaringan pita lebar 4G yang katanya bisa mencapai kecepatan akses data 173 megabit per detik (Mbps).

Harry sendiri menilai, LTE yang rencananya akan mulai dikomersialisasikan di Indonesia paling cepat 2012 mendatang, masih harus membenahi masalah ketersediaan frekuensi. Sebab, saat ini frekuensi ideal untuk LTE masih digunakan oleh TV analog dan penyedia TV berbayar lewat satelit.

Sumber : http://www.detikinet.com/read/2010/07/27/172514/1407986/328/untuk-4g-lte-modem-dulu-baru-ponsel/?i991101105

About witriyanto

wes pokok e aku baek hati dan tidak sombong. paling suka di ajak njagong..

Posted on Juli 27, 2010, in Teknologi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: