Cara Mudah Keluar dari Stress

Antara tanggung jawab di rumah, pekerjaan, dan keluarga, Anda tak memiliki banyak waktu untuk mengambil napas sejenak untuk keluar dari deraan. Namun, berikut ada beberapa saran yang bisa Anda ikuti untuk mencoba keluar dari tekanan itu sejenak.

1. Kepalkan Tangan
Ketika Anda merasa lemah dan tak kuasa melawan tekanan, coba lakukan hal ini: kepalkan tangan Anda sekerasnya selama 5 detik, lalu lepaskan. Anda akan merasa lebih baik. Alasannya, ketika Anda membuat otot menegang sekerasnya, maka ketika ia melepaskan kontraksi tersebut, otot Anda akan menghilangkan ketegangan itu secara keseluruhan. Hal ini mirip dengan menekan tombol reset di dalam tubuh. Dengan mengulangi latihan ini, Anda akan mengenali cara kerja dan merasakan otot-otot tubuh Anda, sekaligus secara intuitif belajar merelaksasikannya.

2. Kunyah Permen Karet
Gerakan ritmis dan berulang, seperti mengunyah permen karet akan memicu tubuh kita secara natural merespon relaksasi, sambil memperlambat ritme jantung, juga melatih aktivitas pernapasan dan otak. Pilih yang rasa mint, karena rasa ini bisa membantu mendorong semangat.

3. Biru yang menenangkan
Warna biru memang memiliki khasiat menenangkan. Jadi, cobalah untuk memandang langit biru, atau warna turquoise. Biru adalah warna lautan dan langit, sehingga secara otomatis kita mengasosiasikannya dengan perasaan tenang yang datang ketika kita sedang berada dekat dengan alam.

4. Jadilah bintang sehari
Bukan hal yang aneh ketika Anda sedang stres lalu ingin pergi karaokean. Ketika kita bernyanyi, kita melatih pernapasan mendalam. Ketika kita bernapas dan berfokus untuk bernapas, maka tekanan darah, juga jantung akan menurun, berikut stres yang Anda rasa.

5. Membuat orang lain senang
Berusaha berbuat baik untuk orang lain menimbulkan perasaan menyenangkan di dalam otak, menciptakan rasa gembira. Hormon endorphin pun tercetus keluar, mengalihkan pikiran kita dari stres yang sedang mendera.

6. Menanam rasa tenang
Menambahkan tanaman kecil di dekat wilayah kerja Anda bisa membantu menjauhkan stres. Studi menunjukkan, wanita yang memiliki tanaman di sekitar wilayah kerjanya memiliki ketenangan yang lebih baik ketimbang mereka yang tidak. Mengapa? Karena tanaman bisa mengalihkan perhatian kita dari perasaan negatif yang merujuk kepada stres.

Sumber : http://kampungtki.com

About witriyanto

wes pokok e aku baek hati dan tidak sombong. paling suka di ajak njagong..

Posted on Mei 15, 2010, in Gosip, Tips dan Trik. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: