Tip & Trik Jago Main Rubik

Ilustrasi dari google.com

Witriyanto’s Blog – Buku karya mas chuck ini tidak diragukan lagi, telah dinanti-nanti oleh cuber setanah air.  Semua review saya buat secara obyektif, jadi jangan tersinggung ya mas chuck klo ada opini saya yang kurang enak.  Pertama-tama, buku ini saya beli di Gramedia Teraskota, tempatnya deket sama buku masakan (don’t know why). Saya sendiri sudah membaca hampir semua bagian, kecuali algo2nya.

Buku dimulai dengan sejarah rubik’s, khas sekali penceritaanya, seperti yg ditulis wikipedia. Seperti rubik ditemukan oleh Erno, nama awalnya adalah magic cube, penjualannya yg drastis dan sebagainya. Seorang cuber senior, pasti sudah tahu semua ceritanya.

Bab 1.
Berisi dengan pengenalan part2 dan notasi rubik’s. Disertakan juga beginner method disitu. Karena udah bisa, jadi saya bacanya skimming saja. Menurut saya, bagi seorang cuber baru, bab ini pastiadalah bab dimana ia akan paling banyak berkutat. Semua diceritakan dengan jelas menggunakan metode LBL dengan 4LLL, jadi bukan metode LBLnya Pogobat. Bila anda sudah lama di rubikku, bab ini pasti anda skip.

Bab 2.
Bagian inilah yang menjadi magnet bagi saya. Karena isinya artikel dan bacaan bukan tutorial. Dimulai dengan memilih rubik’s yang tepat. Bila anda sering ke blognya virkill dan pernah membaca tulisan Jo, anda akan menemui bbrp kesamaan. Bagaimanapun, tulisan mas Chuck lebih komplit. Karena ada korean cube dan bagaimana merakit Rubik’s DIY (mirip sama tutorialnya dhabot kayaknya). Setelah itu, ada artikel tentang perawatan dan color scheme. Disitu disebut nama Ando sebagai pengguna pertama Indonesian Color Scheme.

Setelah itu ada, metode2 speedcubing. Fridrich, Petrus, Roux, heise, dkk disebut, tidak kelupaan nama Ardianto sebagi speedcuber yg mahir menggunakan petrus. Lalu, ada langkah2 mempelajari speedcubing. Sekilas mirip tulisan Virkill ttg “How to became Sub 20” yg darimana disadur dari video badmephisto, bedanya di buku tidak ada keyhole dan ditambahkan bbrp step. Seperti stuck pieces dan empty slot. Dan sepertinya itu juga disadur dari websitenya badmephisto yg ttg advance F2L. Selanjutnya, ada cara menghafal Algoritma, mirip dengan tulisan VK, yg menggunakan Rawa Riwi itu.

Bab 3, 4, & 5
Bab ini berisi algoritma F2L, OLL, dan PLL lengkap dengan cube image/applet. Kalau anda sudah full fridrich, pasti bakal jarang bacanya, lagipula biasanya, para cuber sudah ngeprint list oll dan pllnya sendiri. Namun bagi cuber yg baru mau mempelajari fridrich, bab ini sangatlah lengkap, karena algo yg ditawarkan lebih dari 1. Sangat disayangkan, ada kesalahan di bab ini.

Bab 6.
Bab ini berisi tips dan trik ttg mencapai sub 20, intisarinya adalah mengefisienkan gerakan, go slow and look ahead, bbrp faktor psikologis, dan timer yg bagus.

Bab 7.
Bab ini meliputi komunitas dan kompetisi. Disinilah saya menganggap cukup seru, karena berisi artikel yg dapat menambah pengetahuan seputar dunia cubing. Bnyk foto disini, dari IO, VK, JRC, Rubikku, NSA, WCA, mom, dll. Ada juga artikel ttg kompetisi, yg membahas cabang2 di speedsolving.

Semua bab selesai, terdapat profil mas chuck, lalu kita mendapat bonus (menurut saya lebih cocok sebagai bab 8 sih) yaitu Tutorial BLD

Bonus 1.
Metode yg dibahas adalah old pochmann, walaupun metode lain disebut. Tulisan dibuat lebih lengkap dibandingkan dengan tulisan mas chuck di warkop BLD, karena ada algoritma setup move. Bagi seorang yg baru ingin belajar BLD atau bahkan baru tau BLD, dia pasti seneng bgt baca bab ini lalu ketemu mas chuck. Bagi irill, kayaknya bab ini dilewatin sama dia. Ada juga FAQ yg diambil dari thread di Warkop BLD

Bonus 2.
Komik Fahmi, pertamaya saya kira bakal ada komik yg unpublished ditaruh, tp sayangnya smua komik sudah pernah di post, jadi buat anak rubikku, no surprise.

Bonus 3.
Gak ada

Buku ditutup dengan referensi dan glossary.

Kesimpulan:
Buku ini sangat lengkap bahkan melebihi ekspektasi, gak kebayang ngetik hal selengkap ini, walaupun ada bbrp bagian yg menurut saya adalah translasi/modifikasi/saduran. Bagi newcomer hingga senior buku ini wajib dimiliki. Atau sekedar bacaan ringan, artikelnya sangat penuh ilmu.

Rating: 9/10 (karena ada bbrp kesalahan di buku, bisa menyesatkan)

Trivia:
– Di halaman awal ada tulisan ttg jumlah cetakan, bila laku buku ini akan mencapai cetakan ke 9 pada tahun 2012

– Sebelum pendahuluan, ada tulisan seperti ini

Buku ini dipersembahkan untuk Maria Oey dan Keluarga, Lars Vandenbergh atas aplikasi ImageCube-nya, serta teman-teman Nusantara Speedcubing Association.

Dengan Rubik, Kita Cerdaskan Kehidupan Bangsa!

Juga untuk ibu, bapak, dan Dewi yang telah menyayangiku dengan sabar.

Sumber : http://rubikku.ning.com/

About witriyanto

wes pokok e aku baek hati dan tidak sombong. paling suka di ajak njagong..

Posted on Mei 11, 2010, in Gosip, Tips dan Trik and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: